Pura Segara Kidul, Sumber Kehidupan Umat

- 2 Agustus 2020, 08:01 WIB
Pura Segara Kidul yang bernuansa Hijau /Doc I Made Sudarmayasa

WARNAMEDIABALI - Nusa Penida dikenal wisata spritual, tak heran ribuan pemedek yang tangkil (sembahyang) setiap hari besar. Selama ini hanya dikenal Pura Penataran Ped, Puncak Mundi dan Pura Giri Putri, tapi masih banyak pura di Nusa Penida, salah satunya Pura Segara Kidul, masih belum populer ditelinga pemedek.

Pura tersebut terletak di mata air Guyangan lebih tepatnya di Dusun Antapan, Desa Batukandik, Nusa Penida.

Menurut penuturan Mangku Buda mengatakan Pura Segara Kidul berkaitan erat dengan cerita asta gangga yang sesuai dengan cerita babab Noesa Penida.

Baca Juga: Lomba Foto dan Artikel Jurnalistik Pendidikan dan Kebudayaan 2020

Sumber mata air yang ada di Nusa Penida merupakan sumber kehidupan dimana air suci (tirta-red) sebagai peneduh masyarakat dan alam semesta.

Baca Juga: Sejak Kapan Bulu Alis Mata Djoko Tjandra Jadi Tebal dan Hitam

Di Peguyangan adalah tirta pangurip yang termasuk salah satu tirta asta gangga di Nusa Penida, sementara sumber mata air lainya seperti di Prasi (Toyapakeh) tirta sanjiwani, tirta kamandalu (Penida, Crytalbay, Desa Sakti), tirta pawitra (Temeling, Desa Batumedeg) , tirta maha pawitra (Tabuanan, Desa Sekartaji) dan tirta pralina (Suwehan, Watas, Desa Tanglad), serta tirta pasupati (Sekartaji) dan tirta pangurip (Peguyangan, Dusun Antapan, Desa Batukandik).

Baca Juga: Himbauan Ormas Keagamaan Hindu Bali dan ISKCON dalam menyikapi polemik Hare Krisna di Media Sosial

Pura Segara Kidul terdapat tiga pelinggih yang sesuai dengan tri murti, wisnu di depan tirtanya pembersihan karma masa lalu dan pelinggih brahma tirta pangurip karma dan di tengah pelinggih siwa tirta keabadian dan didampingi Ibu Ratu Kanjeng welas asih dan kebijaksanaan (Roro Kidul).

Baca Juga: Gandeng Campari, BHM Sasar Pekerja Bar

Halaman:

Editor: Bayu Ardiansyah

Sumber: Dari berbagai sumber


Tags

Komentar

Terkini

X