Fakta Atau Hoax, Pengakuan Rieke Diah Pitaloka Sebagai PKI

- 30 Juni 2020, 01:45 WIB
Rieke Diah Pitaloka Doc Turnbackhoak.id

WARNAMEDIABALI - Ramai di beritakan tentang artis sekaligus politikus Rieke Diah Pitaloka di berbagai media sosial, tentang unggahan fotonya yang menyatakan bahwa dirinya PKI.

Setelah ditelusuri melalui mesin pencarian, diketahui unggahan akun Facebook Ahmad Suhara tersebut adalah salah atau keliru.

Unggahan pertama kali disebarkan oleh akun Facebook Ahmad Suhara atau @armando.suhara5. Dia mengunggah tangkap layar yang berisi foto anggota DPR RI dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dengan judul "Rieke : Memang saya PKI, ada yang salah?" selasa 23 Juni 2020 lalu.

Baca Juga: Presiden RI Akan Tinjau Persiapan Kawasan Industri di Desa Ketanggan

Tangkap layar yang dibagikan akun Facebook Armand Suhara adalah hasil editan atau suntingan berita.

Baca Juga: Pengungkapan Kasus Pengancaman dan Kepemilikan Senjata Tajam

Foto Rieke yang dijadikan sampul dalam artikel itu, diketahui juga adalah karya Jurnalis Media Online. Judul artikel asli tersebut sebenarnya "Pilgub Jabar, Rieke Diah : Saya siap maju kalau intruksi Partai" yang di tulis oleh jurnalis salah satu media online nasional, Muklis Dinilah pada Jumat, 17 Maret 2017 silam.

Baca Juga: Ojek Online Diijinkan Beroperasi di Masa Adaptasi New Normal

Dengan begitu unggahan akun Facebook Armand Suhara dalam kategori Misinformasi dan Disinformasi dari First Draft yang dapat disebut Manipulated Conten atau konten yang dimanipulasi.

Baca Juga: Basuki Muljono Tinjau Longsor Palopo

Halaman:

Editor: Bayu Ardiansyah


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X