5.000 Liter Air Bersih Untuk Pengungsi Rohingya

- 29 Juni 2020, 10:46 WIB
Anak-anak pengungsi Rohingya di penampungan sementara Doc RRI

WARNAMEDIABALI - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemerintah Kota Lhokseumawe Nanggroe Aceh Darussalam, melakukan droping air bersih untuk keperluan puluhan orang imigran Rohingya yang ada di tempat penampungan sementara di bekas Kantor Imigrasi, Kecamatan Blang Mangat, Kota Lhokseumawe.

Dilansir dari RRI.go.id, Minggu (28/6/2020), Ridwan Puteh Kabag logistik dan pencegahan BPBD Kota Lhokseumawe mengatakan bahwa pihaknya sudah menyalurkan 5.000 liter air bersih untuk keperluan mencuci dan mandi untuk pengungsi Rohingya.

“ Pasokan air bersih digunakan mandi dan mencuci karena air sumur bor yang ada di lokasi kantor bekas Imigrasi tidak efektif. Khusus untuk air minum sudah disediakan air minum yang steril,” kata Ridwan.

Baca Juga: MPP-GPP-KPP Model Integrasi Pelayanan Publik di Kabupaten

Sementara itu, pihak Imigrasi Kota Lhokseumawe Nanggroe Aceh Darussalam yang telah melakukan pendataan terhadap para imigran, jumlahnya semula 99 orang tapi saat ini menjadi 100 orang karena ada penambahan 1 anak balita. 100 orang imigran tersebut terdiri dari laki-laki Dewasa 17 orang, wanita dewasa 48 orang, anak-anak (Laki-laki 11 orang, anak perempuan 23 orang), dan 1 anak balita.

Baca Juga: Rakyat Harus Mengambil Hak Konstitusi dan Demokrasinya

Seperti diberitakan sebelumnya, Rabu (24/6/2020) siang, ada kapal yang ditumpangi oleh imigran dari etnis Rohingya masuk ke perairan Aceh dan terombang-ambing di 1 mil dari bibir pantai. Melihat kondisi yang sangat mengkhawatirkan, maka warga Lancok Kecamatan Syamtalira Bayu Aceh Utara, berinisiatif untuk mengevakuasi para pengungsi Rohingya ke pantai setempat. Setelah dilakukan pendataan, terrnyata kapal tersebut ditumpangi oleh 99 orang pengungsi.

Baca Juga: Sejarah Aksi Spionase Pierre Tendean di Malaysia yang Perlu Diketahui

Selanjutnya pada hari Kamis (25/6/2020) malam, para imigran Rohingya dibawa ke tempat penampungan sementara yaitu di gedung kantor Imigrasi yang lama di Kecamatan Blang Mangat, Kota Lhokseumawe. (**).

Editor: Bayu Ardiansyah

Sumber: RRI.go.id


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X