Basuki Muljono Tinjau Longsor Palopo

- 29 Juni 2020, 12:48 WIB
Mentri PUPR Basuki Muljono saat meninjau lokasi longsor di Jalan Trans Sulawesi Doc PUPR

WARNAMEDIABALI - Jalan Trans Sulawesi yang merupakan jalur vital pergerakan orang dan logistik yang menghubungkan kota pelabuhan Palopo dan pusat produksi pertanian di kawasan Toraja, pada Jum'at 26 Juni 2020 yang lalu mengalami longsor. Bencana longsor tersebut telah menyebabkan terputusnya arus lalu lintas dari arah Kota Rantepao dan Kota Palopo.

Dilansir dari kemenpupr.go.id, Senin (29/6/2020), pada hari Minggu 28 Juni 2020 Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, meninjau lokasi bencana longsor pada ruas jalan Kota Palopo - Rantepao, KM 366+500 dan KM 368, Kota Palopo, Sulawesi Selatan.

Untuk membersihkan material longsoran yang menutup badan jalan di ruas Palopo – Rantepao, Kementerian PUPR juga telah memobilisasi alat berat berupa excavator dan dump truck.

Baca Juga: Diduga Depresi, MC Kondang di Jembrana Nekad Gantung Diri

Selanjutnya, untuk penanganan darurat, Basuki Muljono mengatakan akan membuatkan jembatan gantung untuk orang dan kendaraan roda dua agar masyarakat tidak terisolir. Sementara itu, untuk penanganan secara permanen akan dilakukan pembangunan jembatan rangka baja.

Baca Juga: Lirik Lagu BLACKPINK dan Terjemahannya

" Melihat kontur topografi yang curam di lokasi longsor, tidak mungkinmengganti alinyemen jalan di tempat yang sama. untuk itu kita akan memanfaatkan ruas jalan eksisting ", kata Basuki.

Baca Juga: PAHAM Aceh Donasikan 24,8 Juta Untuk Pengungsi Rohingya

Basuki Muljono menambahkan bahwa di bawah supervisi dari Direktur Preservasi Jalan dan Jembatan Wilayah II, pihaknya akan melakukan evaluasi secara mendalam atas hasil kajian teknis tim Ditjen Bina Marga yang sudah berada di lokasi sejak hari ini Minggu 26 Juni 2020. (**).

Editor: Bayu Ardiansyah

Sumber: Kemenpupr.go.id


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X