Gelung Kori Gilimanuk Gerbang Masuk Pulau Bali

- 17 Mei 2020, 11:31 WIB
Gerbang Gelung Kori Gilimanuk ,doc Bayu Ardiansyah

WARNAMEDIABALI - Pulau Bali dikenal sebagai pulau Dewata yang menjadi tujuan wisata favorit para wisatawan domestik ataupun mancanegara.

Bila kita berkunjung ke pulau Bali menggunakan jalan darat, maka tidak terlalu jauh setelah pelabuhan penyebrangan kapal Fery dari Ketapang Gilimanuk, akan melewati sebuah tugu atau gerbang yang arsitekturnya unik bergaya ukiran Bali.

Gerbang tersebut dinamakan Gelung Kori Gilimanuk, berbentuk 4 ekor Naga yang ekornya bersatu di atas di tengah jalan dan kepalanya menjulur seperti menaungi jalan tersebut.

Baca Juga: Punya 44 Orang Anak dari 1 Suami

Masyarakat sekitar percaya bahwa gerbang Gelung Kori Gilimanuk tersebut bermakna untuk menangkal hal-hal jahat yang ingin memasuki pulau Bali. Menurut Nyoman Guntur, Gelung Kori Gilimanuk dipercaya bisa menetralisir pengaruh negatif yang masuk dan keluar pulau Bali.

Setiap tahun selalu di adakan upacara besar bahkan ritualnya sampai mengadakan upacara Pakelem Larung ke laut.

Baca Juga: 482 Paket Zakat Fitrah Untuk Yang Berhak

Konon kabarnya jika ada yang membawa sesuatu yang bersifat negatif dari pulau Jawa menuju Bali maupun sebaliknya maka pasti hancur imbuh Nyoman Guntur.

Itulah sebagian kepercayaan warga sekitar tentang keberadaan gerbang Gelung Kori Gilimanuk dengan ukirannya yang indah dan kental dengan budaya Bali.

Halaman:

Editor: Bayu Ardiansyah


Tags

Komentar

Terkini

X