G-Land Surga Yang Tersembunyi Di Ujung Selatan Banyuwangi

- 3 Agustus 2020, 22:22 WIB
pesona G-Land atau Pantai Plengkung dengan ombak yang Indah untuk peselancar /Dok . Kemenparekraf

WARNAMEDIABALI - G-Land masih terdengar asing bagi sebagian besar wisatawan nusantara, namun berbeda dengan wisatawan mancanegara. G-Land atau yang biasa disebut Pantai Plengkung adalah salah satu destinasi favorit turis asing saat berkunjung ke Banyuwangi, Jawa Timur (Jatim)

G-Land dianggap sebagai salah satu surga yang tersembunyi bagi para peselancar dunia. Maka selancar pun menjadi daya tarik utama bagi pantai yang terletak di Kawasan Taman Nasional Alas Purwo itu.

Dengan ombak yang memanjang, tinggi, dan besar, membuat para peselancar manapun tertangang ingin menaklukannya. Selain itu, G-Land pun menyuguhkan keindahan alam yang kaya dengan hamparan laut biru yang luas.

Baca Juga: Nadiem : Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Bukan Kebijakan Dari Kemendikbud

Panjang ombak pantainya bisa mencapai 2 kilometer dengan ketinggian ombak hingga 8 meter. Gelombang pasang di G-Land seringkali dapat membentuk tabung air yang hampir sempurna. Tak heran, jika ombak di G-Land disebut sebagai ombak terbaik kedua setelah Hawaii, Amerika Serikat.

Menariknya, G-Land menyajikan berbagai pilihan tipe ombak bagi peselancar manapun yang datang. Mulai dari peselancar pemula hingga peselancar yang sudah memiliki keahlian tingkat tinggi. 

Baca Juga: Bupati Badung Giri Prasta Hadiri Upacara Ngetus Prerai Krama Desa Adat Pelaga

Ombak G-Land memiliki tiga tingkatan antara lain Many Track Waves, Speedis Waves, dan Kong Waves.

Many Track Waves sering digunakan oleh peselancar pemula dengan ketinggian ombak 3 – 4 meter. Lalu, Speedis Waves ketinggian ombak mencapai 5 – 6 meter untuk peselancar tingkat sedang. Sementara Kong Waves, biasanya digunakan untuk peselancar tingkat professional, memiliki ketinggian ombak mencapai 6 – 8 meter.

Halaman:

Editor: Rudolf Deca

Sumber: Kemenparekraf


Tags

Komentar

Terkini

X